Contoh Soal UN Pilihan Ganda Pemrograman Dasar SMK Part 2

Hi sob Kali ini ane mau share  soal - soal UN Pemrograman dasar Kurikulum K13 Untuk Sekolah Menengah Kejuruan Part ke 2

Semoga bermanfaat ya



11. Perhatikan algoritma perulangan berikut :
Judul : Algoritma Deret Bilangan
KAMUS:
     jml, a : integer
ALGORITMA:
    jml ? 0
   For (a ? 1; a <= 5; a ? a + 1)
       jml ? jml + a
   EndFor
   output(jml)

Apakah output yang akan tampil ...
A. 1,2,3,4,5,6,7,8,9,10
B. 1,2,3,4,5,6,7
C. 1,2,3,4,5
D. 1,2,3
E. 1,2
12. Perhatikan gambar flowchart berikut !

Dari gambar flowchart diatas, struktur perulangan jenis apa yang digunakan ?
A. Tidak ditemukan kondisi perulangan
B. Kondisi bersarang
C. 1 Kondisi
D. 2 Kondisi
E. 2 Kondisi atau lebih
13. Syntax penulisan yang benar untuk struktur percabangan 2 kondisi adalah ?
A. If (kondisi) then
Aksi else
B. If (kondisi) then
Aksi1 else
Aksi2
C. If (kondisi) then
Aksi1 else
If (kondis) then
Aksi2
D. If (kondisi) then
Aksi1
E. If (kondisi) then
If (kondisi) then
Aksi

14. Perhatikan kasus berikut !


Solusi yang tepat untuk menyelesaikan kasus diatas adalah ?
A. Menggunakan IF 1 kondisi
B. Menggunakan IF 2 kondisi     
C. Menggunakan IF 2 kondisi atau lebih
D. Menggunakan for
E. Menggunakan do while

15. Susun algoritma untuk menampilkan angka 1 sampai dengan100 secara menaik. Jawaban manakah yang tepat untuk algoritma seperti berikut :
A. For (i=0;i<=100;i++)
       Output (“nilai”,i)
B. while (i=1;i<100;i++)
       Output (“nilai”,i)
C. For (i=1;i<=100;i++)
       Output (“nilai”,i)

D. For (i=1;i<99;i++)
       Output (“nilai”,i)
E. do i=1;
while i<100; i--;
       Output (“nilai”,i)

16. Perhatikan program perulangan dengan kondisi diawal berikut !

   
Manakah syntak yang menunjukan ciri struktur perulangan kondisi diawal ?
A. while   
B. count     
C. getch       
D. return     
E. int main

17. Manakah pernyataan yang benar tentang perulangan do while ?
A. Perulangan yang telah diketahui jumlah perulangannya
B. Kondisi perulangannya diperiksa diawal perulangan
C. Kondisi perulangan diperiksa diakhir perulangan
D. Perulangan tak berhingga
E. Perulangan bersarang

18. Berikut adalah syntak struktur perulangan yang digunakan dalam pemograman
1. Do
2. While
3. Do while
4. For
5. continue
Manakah dari syntak diatas yang digunakan untuk struktur perulangan dengan kondisi akhir diinputkan user ?
A. 1
B. 2
C. 3
D. 4
E. 5

19. Berikut adalah salah satu dari fungsi Operator Increment dalam perulangan, yaitu …
A. Mengurangi nilai turun dengan satu
B. Melompat ke bagian tertentu dalam program
C. Menghapus layar
D. Menaikan/meningkatkan nilai dengan satu
E. Melakukan penanganan error yang mungkin terjadi dalam program

20. Operator yang digunakan dalam struktur perulangan dengan pencacah turun satu (Decrement), adalah ?
A. -1
B. +1
C. ++
D. --
E. ==

21. Perhatikan baris kode program berikut !


Jika kita memasukan usia 25, maka outputnya adalah ?
A. Anda tidak boleh menonton bioskop
B. Anda boleh menonton bioskop
C. Usia anda 25, jadi boleh menonton bioskop
D. Anda berhak menonton bioskop
E. Tidak ada output apa-apa

22. Perhatikan kode program berikut!

Output yang tepat hasil program diatas adalah ...
A. 2,5,8
B. 3,6,9
C. 0,3,6,9
D. 1,4,7,10
E. 2,4,6,8,10

23. Perhatikan kode program berikut!

Manakah hasil yang akan muncul apabila user memasukan nilai n=5 ?
A. 3,2,1,FIRE!
B. 5,4,3,2,1,FIRE!
C. 7,6,5,4,3,2,1,FIRE!
D. 8,7,6,5,4,3,2,1,FIRE!
E. 10,9,8,7,6,5,4,3,2,1,FIRE!

24. Lengkapi kode program berikut!
bil = 2
do
  { cout << bil;
bil += 2 ;
}
   while (bil<= X );

Berapakah nilai X jika output yang dihasilaknnya 2,4,6,8,10  ?
A. 10
B. 8
C. 6
D. 4
E. 2

25. Perhatikan kode program berikut dengan cermat !

Manakah hasil yang tepat jika kita memasukkan angka 4 sebagai nilai suku
A. 0, 1, 1, 2
B. 2, 1, 1, 0
C. 1, 1, 2, 3
D. 0, 1, 1, 4
E. 0, 1, 2, 3

26. Cermatilah kode program berikut !


Manakah bagian kode program yang menunjukan ciri struktur perulangan pencacah naik (increment) ?
A. num=1
B. num<=10
C. num++
D. int num
E. num * num

27. Susun algoritma untuk menampilkan angka 9 sampai dengan 1 dengan cara menurun dengan selisih tiap tingkatnya 0.5.
Jawaban manakah yang tepat untuk algoritma seperti berikut …..
A. For (f=10;f>=0;f-=0,5)
     Output (“nilai”,f) B. For (f=10;f<=0;f-=2)
     Output (“nilai”,f) C. For (f=10;f>=0;f-=1)
    Output (“nilai”,f)

D. For (f=10;f<0;f-=1)
     Output (“nilai”,f) E. For (f=9;f>=0;f-=0,5)
    Output (“nilai”,f)


28. Perhatikan kode program berikut dengan cermat!
#include <iostream>
#include <conio.h>
using namespace std;
int main()
{
    int a,b,c;
    cout<<"Masukkan nilai A:\n";
    cin>>a;
    cout<<"Masukkan nilai B:\n";
    cin>>b;

if (a>b) {
cout<<"Bilangan terbesar A";
}
     else if (b>a){
cout<<"Bilangan terbesar B";
}

Jika nilai A=50 dan B=60, maka outputnya adalah ….
A. Bilangan terbesar A
B. Bilangan terbesar B
C. Bilangan terkecil A
D. Bilangan terkecil B
E. A dan B nilainya sama
29. Angga membeli pensil sebanyak 4 lusin, harga pensil per lusin adalah Rp. 14.000. Buatlah algoritma untuk menghitung harga pensil per buah. Bentuk struktur yang paling cocok untuk memecahkan permasalahan diatas menggunakan struktur ?
A. Pengulangan
B. Pemilihan
C. Sequential
D. Conditional
E. Percabangan

30. Perhatikan struktur penulisan pemograman di bawah ini!
#include <iostream>
using namespace std;
int main ()
{cout << "Hello World!";
return 0;
}

Manakah yang merupakan representasi dari standar output ?
A. #include <iostream>
B. using namespace std
C. int main ()
D. cout
E. return 0




Mohon Maaf Untuk Jawabannya Belum Bisa diUpload ya, fokus posting dulu hee

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Contoh Soal UN Pilihan Ganda Pemrograman Dasar SMK Part 2"

Post a Comment

masukan komentar